Header Ads

Himpaudi Jayaa

Himpaudi Gelar Workshop Susun Rencana Pembelajaran PAUD



Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam pengembangan kurikulum dan model pembelajaran bagi anak usia dini di Kabupaten Sumenep, Forum Himpunan Pendidikan Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Sumenep menggelar workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Ketua Pelaksana Workshop, Siti Nafisah kepada News Room disela-sela kegiatan workshop, Sabtu (13/10) menjelaskan, kegiatan workshop tersebut diikuti sebanyak 80 guru pembina PAUD di Sumenep, yang dilaksanakan selama 2 hari.

“Sebenarnya, dalam pendidikan anak usia dini tidak ada kurikulum yang baku, namun para guru diharapkan pintar mengembangkan sendiri pola pembelajaran yang baik untuk anak,”ujarnya.

Jadi, kurikulum untuk PAUD berbeda dengan kurikulum dan pembelajaran bagi siswa SD yang sudah memiliki kurikulum dan pembelajaran khsusus. Meskipun diakui, panduan pembelajaran untuk PAUD memang ada, namun guru tetap harus mengembangkannya.

Karena itu Forum PAUD Kabupaten Sumenep sengaja mendatangkan pengurus Forum PAUD Jawa Timur, Wujiati, S.Pd, M.Pd untuk memberikan bimbingan dan masukan bagaimana melaksanakan penyusunan rencana pembelajaran bagi guru PAUD di Sumenep. Menurut Guru PAUD Cendana ini, sedikitnya ada 300 lembaga PAUD di Kabupaten Sumenep. Sehingga, perlu terus dilakukan bimbingan untuk penyusunan rencana pembelajaran bagi guru PUAD, agar tidak keluar dari panduan yang telah dibuat sebelumnya.

“Jadi, konsep pembelajarannya betul-betul disiapkan dengan matang dengan terus melakukan pengembangan-pengembangan yang berkolerasi dengan pendidikan PAUD itu sendiri.”tambahnya.

Sumber : SumenepKab.go.id

No comments