Header Ads

Himpaudi Jayaa

Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Himpaudi Sumenep Gelar Diklat Berjenjang



Sumenep : Kendati masih menggunakan dana swadaya yang diambil dari lembaga dan peserta, namun semangat Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini – Himpaudi Kabupaten Sumenep untuk menggelar Diklat berjenjang tingkat dasar Pendidik PAUD terus dilakukan guna menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas.

Ketua Himpaudi Jawa Timur Imam Mahmud mengatakan, sesuai aturan menteri Pendidikan nomer 137 peningkatan kompetensi guru yang meliputi professional, Pedagogis, social dan kepribadian harus dimiliki seluruh pendidik PAUD agar tidak terjadi mal praktek dalam mendidik anak.

Selain itu, penting juga mempersiapkan kualitas lembaga dan pendidiknya, karena pendidikan yang diberikan di PAUD akan berdampak pada masa depan generasi bangsa pada 20 hingga 30 tahun mendatang.

"Kami ingin seluruh guru PAUD memberikan pengajaran yang sama di masing-masing lembaganya, sehingga diklat semacam ini akan menambah referensi ilmu bagi tenaga pendidik PAUD." ujar Imam kamis (02/02/2017)

Sementara itu, Ketua Himpaudi Sumenep Siti Nafisah mengungkapkan, Pendidikan dan pelatihan ini akan dilaksanakan berkelanjutan, bahkan Pemkab Sumenep melalui dinas pendidikan berjanji akan menganggarkan diklat lanjutan dalam APBD.

"Diklat berjenjang ini sifatnya berkelanjutan ya, sehingga diharapkan kompetensi guru akan meningkat melalui berbagai diklat yang rencananya akan dianggarkan juga oleh Pemerintah." ujar Nafisah

Nafisah berharap, melalui diklat berjenjang akan menghasilkan tenaga pengajar yang bersertifikat pendidik PAUD, sebab selama ini masih banyak guru PAUD yang berijasah kejar paket, S1 tidak linier, bahkan di pelosok desa banyak yang berijasah SMP.

Diklat berjenjang tingkat dasar Pendidik PAUD yang digelar 1 hingga 5 februari mendatang, diikuti 216 peserta dari 18 kecamatan daratan dan Kepulauan dengan menghadirkan pemateri dari Himpaudi Jatim, Disdik dan Dinas Kesehatan Sumenep.

Sumber : RRI.co.id

No comments